Rabu, 19 September 2012

UK 1 Human Relations MA-A



Tulisan ini di saya buat sebagai  Ujian Kompetensi Dasar 1 Manajemen Administrasi FISIP UNS  Mata Kuliah Human Relations. Dalam tulisan singkat ini saya akan menceritakan tentang konsep diri saya,kelebihan dan kelemahan yang saya miliki,alasan dan motivasi saya kuliah di UNS,rencana 3 tahun kedepan setelah saya lulus kuliah,serta penilaian saya terhadap karakter seorang teman saya.
Perkenalkan nama saya Tities Wicaksono Pamuji Wibowo.Sekarang saya tinggal di Wonogiri.Saya seorang mahasiswa di Falkultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta,progam studi D3 Manajemen Administrasi.Sekarang saya sudah menginjak semester 3.
Saat masih SMA saya memilih jurusan IPA di karenakan saya tidak suka menghafal suatu materi dan teori.Namun dalam jurusan IPA ada pula mata pelajaran yang butuh menghafal, seperti Biologi, Sejarah, Bahasa Indonesia, dll. Saya lebih suka menghitung dan mempraktekkan secara langsung pengetahuan yang saya dapat serta belajar bahasa asing.Setelah lulus SMA saya melanjutkan kuliah di UNS.Saya berharap dapat diterima pada prodi Teknik Informatika,namun pada akhirnya saya hanya diterima pada prodi Manajemen Administrasi yang mana banyak pelajaran yang merupakan cabang dari IPS. Saya pernah berfikir akan pindah jurusan atau kuliah di Universitas lain,namun orang tua saya melarang dan pada akhirnya saya tetap kuliah di UNS prodi Manajemen Administrasi.Pada akhirnya saya senang dan bersyukur kuliah pada prodi Manajemen Administrasi dikarenakan dalam kuliah banyak melakukan praktek dan mengasah ketrampilan mahasiswa. Alasan saya kuliah di UNS karena merupakan suatu Universitas Negeri yang mana fasilitas dan mutu sangat diperhatikan dengan baik.Motivasi saya kuliah di UNS yaitu ingin membuat orang tua bangga,menggangkat derajat orang tua di mata orang lain serta ingin memperoleh kesuksesan yang saya cita-citakan.

Allah SWT menciptakan manusia beraneka ragam dengan kelebihan dan kekurangan yang beraneka ragam pula.Dan tidak ada satu pun manusia yang sempurna,karena kesempurnaan hanyalah milik Allah.
Menurut pendapat saya inilah kekurangan dan kelebihan saya :
Kekurangan Saya :
1.      Kurang percaya diri dalam melakukan sesuatu.
2.      Mudah merasa bosan dengan suatu pekerjaan.
3.      Malas mengerjakan sesuatu yang agak merepotkan.
4.      Mengganggap ringan suatu pekerjaan yang kecil.
5.      Sering menunda-nunda pekerjaan.
6.      Sulit berkomunikasi dengan baik dengan orang lain.
7.      Kurang peka terhadap masalah yang dihadapi.
8.      Lebih suka menjadi anggota dalam suatu organisasi.
9.      Kurang memahami apa yang dibicarakan orang lain.
10.  Kurang tegas dalam menggambil suatu keputusan.
11.   Kurang teliti terhadap suatu pekerjaan.


Kelebihan Saya :
1.      Menepati janji.
2.      Berpegang teguh pada pendirian.
3.      Sabar dalam menghadapi suatu masalah.
4.      Tidak mudah putus asa dalam mengerjakan sesuatu yang disukai
5.      Bertanggung jawab penuh terhadap sesuatu yang telah dilakukan.

Rencana 3 Tahun Kedepan :

Setelah lulus dari Universitas Sebelas Maret nanti saya ingin segera melamar pekerjaan yang sesuai dengan keahlian yang saya miliki. Dan harus membuat orang tua bangga karena mereka telah mencurahkan kasih sayang,perhatian,dan kerja kerasnya untuk saya. Berkat mereka,saya mampu melanjutkan sekolah sampai jenjang yang cukup tinggi. Tidak terhitung berapa biaya yang mereka keluarkan.
Tiga tahun nanti, saya akan melamar pekerjaan di suatu instalsi pemerintah di kabupaten Wonogiri. Saya ingin mengabdikan diri untuk daerah saya, dengan menjadi PNS maupun Pengusaha. Saya juga ingin meneruskan usaha perternakan ikan keluarga saya hingga dapat berkembang pesat sesuai dengan harapan mereka. Dan jika sukses nanti, saya berkeinginan membanggun suatu sistem transportasi yang baik di daerah saya agar membuat nyaman orang yang akan melakukan perjalanan. Namun,keinginan terbesar saya adalah ingin orang tua saya naik haji nanti setelah saya memperoleh uang yang cukup untuk mereka.


Penilaian Saya Terhadap Arif Pradata :

Menilai karakter orang lain memang lebih mudah dari menilai diri sendiri dan memang begitulah sifat manusia. Sudah hampir 1,5 tahun saya mengenal Arif Pradata. Saya tidak terlalu mengenalnya tapi dapat menilai watak dan karakternya.
Menurut saya dari segi kekurangan, Arif merupakan sosok yang kurang cekatan. Kadang malas dalam melakukan suatu kegiatan yang baru,tidak sabar menunggu lama dan tergesa-gesa dalam berbuat sesuatu serta kurang peka terhadap situasi yang ada di sekitarnya.
Namun dari segi kelebihan, dia merupakan orang yang rajin. Mempunyai sikap yang sopan,menepati janji,suka mengalah untuk menghindari masalah,dan tipe pekerja keras. Arif juga merupakan pribadi yang total (sungguh-sungguh dalam melakukan suatu tugas/pekerjaan,tidak setengah-setengah) dan banyak melakukan kegiatan yang positif.
Demikian konsep diri saya,rencana masa depan saya,dan penilaian terhadap karakter teman saya. Apabila ada kesalahan dalam tanda baca maupun kata-kata yang kurang berkenan saya mohon maaf.
Semoga Bermanfaat


1 komentar: